Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 1 April 2015

Penyebaran ISIS Lewat Pendidikan Harus Diblokir



Blora, Harianblora.com – Penyebaran ISIS lewat pendidikan harus diblokir. Sebagai salah satu penyebar ajaran dan faham sesat, Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) harus diputus karena meresahkan dunia pendidikan. Hal itu disampaikan Dian Marta Wijayanti, Asesor USAID Prioritas Jawa Tengah, Rabu (1/4/2015). Ia menjelaskan, sekolah saat ini menjadi incaran penyebaran ajaran kekerasan.
 
Pelajar harus steril dari faham dan ajaran radikal. Foto: Harianblora.com.
“Ajaran radikal beberapa waktu lalu beredar di buku PAI dan Budi Pekerti di Jombang. Jika dibiarkan, maka akan menyebar ke seluruh Indonesia,” ujar guru muda tersebut.

Yang diblokir, kata Dian, seharusnya tak hanya situs-situs berbau radikal. “Namun juga buku-buku yang berisi konten ajaran radikal,” beber penulis buku Siapkah Saya Menjadi Guru SD Revolusioner tersebut.

Lulusan terbarik PGSD Unnes ini mengatakan, pengaruh radikal sangat berbahaya bagi negara. Pola pikir fanatik dan sempit dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Sekolah sebagai wadah belajar yang heterogen tidak seharusnya diisi materi-materi fanatik yang mengandung SARA. Di dalam sekolah, siswa diajarkan perbedaan karena dari sana siswa dapat belajar saling menghargai,” tandas alumnus SMA Negeri 1 Blora tersebut.

Sekolah, kata Dian, harus mewaspadai penyebaran faham radikal ISIS maupun berbentuk ajaran kekerasan yang memprovokasi pelajar. "Guru dan keluarga harus sinergi, mereka perlu membangun komunikasi agar tidak hanya mengandalkan pihak sekolah," bebernya.
Konten radikal, lanjut Dian, yang terdapat dalam buku dapat menghasilkan tidak hanya perpecahan tapi juga permusuhan. Apalagi bagi siswa yang belum bisa menyortir isi buku. Lingkungan akan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan siswa.

Lingkungan yang baik akan membentuk siswa yang bijak. Sebaliknya, lingkungan yang buruk dapat menjadi cikal dari keburukan berikutnya,” pungkas dia. (Red-HB13/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Penyebaran ISIS Lewat Pendidikan Harus Diblokir Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora