Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 4 April 2015

Cara Membayar Pajak Agar Lebih Murah



Judul               : Bayar Pajak Lebih Murah
Penulis             : Ai Nur Bayinah
Penerbit           : Visimedia Pustaka
Tahun              : Cetakan pertama, 2015
Tebal               : xxxiv+174 halaman
ISBN               : 978-979-065-234-7


Direview oleh Al Mahfud, penikmat buku, tinggal di Pati

Sebagai bagian dari warga negara, membayar pajak merupakan kewajiban ketika sudah dikenai wajib pajak. Sementara bagi seorang muslim, ia juga berkewajiban untuk menunaikan zakat. Keduanya, zakat dan pajak, seling bersinergi dan melengkapi sebagai bentuk ibadah yang tidak saling terpisah.

Sekarang, pembayaran zakat telah mendapat akomodasi dari pemerintah untuk menjadi potongan atas penghasilan kena pajak, sejalan dengan Undang-Undang Pengelolaan Zakat No. 23 Tahun 2011. Dengan regulasi ini, masyarakat tidak perlu membayar pajak lebih besar dari sebelumnya, jika telah menunaikan zakat pada badan atau lembaga zakat yang mendapatkan izin pemerintah. Sayangnya, saat ini masih banyak yang belum mengetahui dengan jelas ketentuan ini. Sehingga, bayangan tentang pajak dan zakat dalam benak masyarakat kita seakan masih terpisah.

Oleh karenanya, buku berjudul Bayar Pajak Lebih Murah ini hadir untuk mensosialisasikan sinergitas zakat dan pajak dalam mendorong pembangunan sekaligus pengentasan kemiskinan. Dilihat dari tujuan dan fungsinya, zakat dan pajak yang dibentuk dalam rangka mengatasi permasalahan ekonomi bangsa, keduanya memiliki peran yang saling bersinergi. Dan masyarakat perlu memahami hubungan dari keduanya agar dapat melakukan kewajibannya dengan baik dan benar.

Buku yang ditulis oleh Ai Nur Bayinah ini terbagi menjadi lima bagian. Bagian pertama, pembaca diajak memahami hal mendasar sebelum melangkah jauh membahas tetang zakat dan pajak. Di bagian ini dijelaskan tentang hak dalam pembayaran pajak. Kemudian di bagian kedua, dijelaskan tentang pengertian zakat dan sumbangan keagamaan, lengkap dengan segala ketentuannya.

Bagian ketiga bisa dikatakan sebagai inti dari apa yang ingin disampaikan buku ini. Yaitu mengupas tentang bagaimana mekanisme agar zakat dan sumbangan keagamaan dapat mengurangi pembayaran pajak. Pembahasan dilakukan dengan mendetail, mulai dari alur pengurusan, cara menghitung, dan cara mengurusnya. Di samping itu, di tiap-tiap tahap juga disertai dengan ilustrasi yang memudahkan pembaca untuk memahami secara detail tiap langkah yang harus dilakukan.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ulasan tentang hal-hal penting dan wajib diketahui dalam konteks zakat dan pajak. Diantaranya tentang apa saja lembaga zakat yang diakui pemerintah, slip pembayaran zakat, perhitungan pajak, perhitungan zakat dan sumbangan keagamaan lain, serta perhitungan pajak dikurangi zakat dan sumbangan keagamaan lain.
Di bagian akhir, juga terdapat pertanyan seputar zakat dan pajak yang dijawab dan diulaskan dengan rinci. Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang kerap muncul dan membingungkan masyarakat dalam memahami seluk-beluk zakat dan pajak.

Dengan membaca buku ini, pembaca akan paham bagaimana cara-cara atau langkah-langkah agar dapat membayar pajak lebih murah. Tidak lain adalah dengan memenuhi ketentuan terkait pemenuhan zakat dan sumbangan keagamaan terlebih dahulu. Pada akhirnya, buku ini menjadi penting bagi tiap orang, terutama warga negara muslim. Buku ini juga bisa menjadi referensi bagi praktisi, akademisi, serta masyarakat pada umumnya. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Membayar Pajak Agar Lebih Murah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora