Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 4 April 2015

Musim Panen Padi, Ternak Sapi Brahman di Blora Diberi Makan Jerami

Blora, Harianblora.com - Bagi warga Kabupaten Blora, saat musim panen padi,  ternak sapi Brahman di Blora diberi makan jerami karena mudah didapat. Salah seorang peternak sapi di Tunjungan, Blora, Sudiman (34) mengatakan ternak sapi miliknya terbiasa makan jerami saat musim panen padi di Blora.
Sapi Brahman yang diberi makan jerami di Blora. Foto: Harianblora.com.

Kalau musim panen padi seperti ini, selain mudah didapat, jerami juga praktis mencarinya. Para peternak sapi, tinggal ke sawah dan menggulung jerami dan membawanya pulang. Apalagi, rata-rata mereka adalah petani yang juga buruh tani.


"Terbiasa makan jerami saat panen padi," ujar dia kepada Harianblora.com, Sabtu (4/4/2015).
Bagi warga Blora, jerami sering disebut dami atau damen. "Kalau susah rumput, sapi-sapi di sini harus makan jerami," tukas pria tersebut.


Bagi warga Tunjungan, sapi yang diternak di sana saat ini sudah mengikuti zaman. Sapi Brahman di Blora, saat ini sudah wajar menjadi peliharaan warga. Kebanyakan mereka adalah hasil kawin suntik. Jika dulu hanya jenis Rantai atau sapi Jawa, akan tetapi saat ini jenis sapi Brahman sudah lazim diternak warga Kabupaten Blora.


Menurut Sudiman, jenis sapi Brahman di Blora adalah yang warna cokelat. "Jenisnya cokelat, hasil dari kawin suntik," ujar Sudiman.

Sapi brahman adalah salah satu jenis keturunan sapi Zebu atau Boss Indiscuss yang saat ini sudah banyak diternak warga Blora dan umumnya Jawa Tengah. Selain mudah diberi makan apa saja, makanan jenis jerami juga disuka sapi Brahman. (Red-HB34/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Musim Panen Padi, Ternak Sapi Brahman di Blora Diberi Makan Jerami Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora