Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 1 April 2015

Seni Tayub Blora Menjadi Hiburan Murah yang Merakyat

Blora, Harianblora.com - Seni Tayub Blora menjadi hiburan murah yang merakyat bagi warga Blora. Kesenian yang menampilkan perpaduan seni karawitan, dan seni tari ini menjadi hiburan pengobat rasa penat bagi warga Blora.


Seni Tayub Blora yang menjadi hiburan merakyat di Kabupaten Blora. Foto: Harianblora.com.
Tayub Blora sering dipentaskan di berbagai acara, seperti acara khitanan, pernikahan, dan sedekah bumi. Bagi pecinta Tayub, kesenian ini dinilai cukup murah karena mereka dapat bebas datang untuk melihat maupun ikut menari. 

Tetapi bagi penyelenggara, harus sedikit merogoh kocek untuk mengundang mengundang seni karawitan, Waranggana, dan Pramugari (pembawa acara).

Para pecinta Tayub dapat ikut menari setelah mendapat kesempatan dari Pramugari, kemudian setelah sampai di atas panggung akan dibagikan sampur yang akan digunakan untuk menari. 

Keunikan lain dari seni Tayub adalah ketika sampai di tengah gending, penari yang berhadapan di depan Waranggana akan memutar tempat menari atau berotasi untuk memberikan kesempatan kepada penari lain.

"Seni Tayub itu hiburan murah yang bisa menghilangkan rasa penat. Dengan mendengarkan gendhing dan menari, rasa penat terasa hilang. Semoga Tayub terus lestari dan diuri-uri agar tidak hilang termakan zaman. Semoga kaum muda lebih mencintai seni asli Blora ini" ungkap Saji, pecinta seni Tayub sekaligus seniman Tayub Blora. (Red31-Harianblora.com/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Seni Tayub Blora Menjadi Hiburan Murah yang Merakyat Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora