Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 27 December 2014

Anjungan Blora di Taman Mini Puri Maerokoco Semarang Jadi Ikon di Jawa Tengah



Pengunjung Anjungan Blora saat berfoto.

Semarang, Harianblora.com – Anjungan Blora di Taman Mini Puri Maerokoco Semarang Jadi Ikon di Jawa Tengah. Pasalnya, setiap kabupaten/kota di Taman Mini Puri Maerokoco mewakili daerahnya masing-masing dengan rumah kecil atau anjungan di lokasi Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. Puri Maerokoco juga akrab disebut sebagai Taman Mini Jawa Tengah Indah yang menjadi salah satu objek menarik di Kota Semarang.

Menurut data Puri Maerokoco, ada 35 anjungan yang terdiri dari rumah adat masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah. Selain rumah adat, di dalamnya juga ada beragam hasil kerajinan tangan khas daerah, hasil industri, budaya daerah dan replica khazanah budaya masing-masing daerah.

Khusus di anjungan Blora, ia berada di depan anjungan Rembang dan di samping anjungan Grobogan. Di depan anjungan Blora, terdapat patung penjual sate yang ditaruh di atas tugu, dan di sampingnya ada bangunan kecil bertuliskan “Anjungan Kabupaten Blora” yang biasa digunakan foto-foto para pengunjung. Uniknya, anjungan Blora tidak hanya diminati pengunjung dari Blora, namun juga dari luar Blora.

Beberapa waktu lalu, saat Harianblora.com berkunjung ke Puri Maerokoco, ada sepasang pengantin yang memanfaatkan anjungan Blora sebagai objek foto pre wedding. Ya, ternyata ia merupakan salah satu pengantin dari Blora yang mengagungkan Blora dan mengabadikan momentum menariknya di depan anjungan Blora. Tak hanya pre wedding, ada juga warga Blora yang sengaja ke Semarang dan mampir di anjungan Blora. Saya ke sini, katanya, bersama ibuku. “Sengaja saya ajak ibuku ke sini agar tahu anjungan Blora,” tutur Marta salah satu warga Tunjungan yang kini tinggal di Semarang.

Menurut alumni SMA Negeri 1 Blora tersebut, anjungan Blora sangat unik. Di dalamnya, terdapat replika Barong Blora dan baju Samin. “Selain itu juga ada foto-foto tempat wisata Blora, Bupati Blora, sejarah Blora dan kuliner Blora,” ujarnya.

Jika masyarakat Blora ke Semarang, katanya, sangat rugi jika tidak mampir ke anjungan Blora di Taman Mini Jawa Tengah yaitu Puri Maerokoco. “Di dalamnya, ada 35 anjungan rumah adat seluruh Jawa Tengah, mainan air, perahu yang dibuka mulai pukul 08.00 Wib sampai 18.00 Wib,” jelas Dia. Selain itu, ada juga miniatur Candi Borobudur, Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan sebagainya.
Replika sate Blora
Daftar Anjungan di Puri Maerokoco
Selain Anjungan Kabupaten Blora, ada puluhan anjungan lain seluruh Jawa Tengah. Anjungan tersebut meliputi Anjungan Kabupaten Banjarnegara, Anjungan Kabupaten Banyumas, Anjungan Kabupaten Batang, dan Anjungan Kabupaten Blora, Anjungan Kabupaten Boyolali, Anjungan Kabupaten Brebes, Anjungan Kabupaten Cilacap, Anjungan Kabupaten Demak, Anjungan Kabupaten Grobogan, serta Anjungan Kabupaten Jepara, dan Anjungan Kabupaten Karanganyar, Anjungan Kabupaten Kebumen, Anjungan Kabupaten Kendal, Anjungan Kabupaten Klaten dan juga Anjungan Kabupaten Kudus.

Selain itu, ada juga Anjungan Kabupaten Magelang, Anjungan Kabupaten Pati, Anjungan Kabupaten Pekalongan, Anjungan Kabupaten Pemalang, Anjungan Kabupaten Purbalingga, Anjungan Kabupaten Purworejo, Anjungan Kabupaten Rembang, Anjungan Kabupaten Semarang, Anjungan Kabupaten Sragen, Anjungan Kabupaten Sukoharjo dan Anjungan Kabupaten Tegal, Temanggung, Wonogiri juga Anjungan Kabupaten Wonosobo.

Di sisi lain, ada juga Anjungan dari kota di Jawa Tengah, meliputi Anjungan Kota Magelang, Anjungan Kota Pekalongan, Anjungan Kota Salatiga, Anjungan Kota Semarang, Anjungan Kota Surakarta serta Anjungan Kota Tegal.

Di sana juga ada fasilitas musholla, kamar mandi, pos keamanan dan sebagainya. Bagi warga Blora yang berkunjung ke Kota Semarang, sangat rugi jika tidak mampir di Taman Mini Jawa Tengah tersebut. Anda bisa mengunjunginya dengan tiket kurang lebih Rp 10 ribu per orang. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com/Foto: Harianblora.com).

Baca juga: Tragedi Semburan Lumpur di Desa Nglobo Blora Apakah Jadi Lapindo Mini?
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Anjungan Blora di Taman Mini Puri Maerokoco Semarang Jadi Ikon di Jawa Tengah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora