Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 29 December 2014

Jadikan Blora Lumbung Pangan, Bukan Lumbung Semen



Semarang, Harianblora.com – Jadikan Blora lumbung pangan, bukan lumbung semen. Demikian salah satu tulisan tuntukan pengunjuka rasa yang digelar di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang, tak lama ini. Mereka terdiri dari ratusan orang yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Kabupaten Blora, Rembang, Pati dan beberapa daerah lain yang menggelar demosnstrasi menuntut pencabutan izin pabrik Semen Indonesia di Rembang.

Dampak pendirian pabrik semen tersebut, menurut salah satu pendemo tidak hanya di Rembang, namun akan merembet di Blora, Pati dan sekitarnya. Pada bulan Maret 1998, Dinas Pertambangan Provinsi Daerah Tingkat I Jawa Tengah meneliti kawasan tersebut merupakan salah satu kawasan yang memiliki fungsi penyimpan cadangan air.

Berbagai gerakan nyata masyarakat telah dilakukan untuk menghentikan pendirian pabrik semen tersebut. Masyarakat peduli bahwa penyelamatan lingkungan dari ancaman pendirian pabrik semen sangat penting.

Atribut lain juga bertuliskan penolakan pembangunan pabrik semen, meliputi Lawan Pabrik Semen Indonesia, Save Rembang, Tambang di Wilayah Cekungan Air Tanah dan sebagainya.
Para pendemo yang didominasi kaum hawa tersebut juga membawa spanduk, atribut demonstrasi yanhg bertuliskan penolakan pendirian pabrik semen di Desa Watu Putih, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Para pendemo tersebut rata-rata perempuan, ibu-ibu yang meminta Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah untuk mencabut izin pendirian pabrik semen di Rembang. Demonstrasi yang digelar di Jalan Pahlawan Semarang tersebut juga meminta Ganjar Pranowo untuk tidak memberi izin pendirian pabrik semen di daerah lain selain di Rembang.

Salah satu orator, Gunarti, mengatakan Gubernur Jawa Tengah lupa akan pentingnya alam. “Gubernur mungkin sedang lupa betapa pentingnya alam. Jangan diganggu dengan pendirian pabrik semen,” kata Dia. (Red-HB23/Foto: TJ).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jadikan Blora Lumbung Pangan, Bukan Lumbung Semen Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora