Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 25 December 2014

Pohon Jati Blora Ternyata Tercampur Jenis Jati Kabupaten Ngawi



Salah satu hutan jati di Kradenan.
Kradenan, Harianblora.com – Pohon Jati Blora ternyata tercampur jenis jati Kabupaten Ngawi. Hal itu diungkapkan Bambang Triyono, perangkat Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Kamis (25/12/2014). Menurutnya, jenis jati di Blora terutama di Kradenan sudah bercampur dengan jenis jati Ngawi. “Di sini kan dekat dengan Ngawi, sangat wajar jika jenis jatinya bercampur,” paparnya.

Hal itu, menurut Kamituwo Desa Nglebak itu tidak hanya diakui warga setempat, namun Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono. “Dulu, saat Bupati Ngawi kunjungan ke sini, beliau malah kaget kalau di sini sudah wilayah Blora, karena jenis jatinya saja jati Ngawi,” ujar Dia kepada Harianblora.com.
 
Banyak orang tidak paham jenis-jenis jati, apalagi di daerah Blora yang berdekatan dengan wilayah kabupaten lain, tentu jenis jati juga berbeda. Blora sebagai salah satu kebupaten di Jawa Tengah yang memiliki luas 1.820,59 km2, hutannya harus dijaga. Termasuk jenis jatinya, karena hampir sebagian wilayah Blora adalah hutan. Ditambah lagi, jati Blora merupakah salah satu jati berkualitas di Jawa bahkan di Indonesia.

Seperti diketahui, beberapa jenis jati yang sering ditanam meliputi jati lengo atau jati malam. Ciri jati ini kayunya keras, halus jika diaraba dan berat serta mengandung minyak, berwarna gelap, juga bergaris dan berbercak.

Selanjutnya adalah jati werut, ia keras dan berombak. Jati sungu lebih berwarna hitam hitam, berat dan padat. Kemudian jati doreng, jati kembang, jati kapur dan sebagainya. Kayu jati dari Blora biasanya digunakan untuk perlengkapan mebel dan alat-alat serta kebutuhan lain. (Red-HB10/Foto: Harianblora.com).


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pohon Jati Blora Ternyata Tercampur Jenis Jati Kabupaten Ngawi Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora