Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 28 December 2014

Meskipun Musim Hujan, Ngatirah Warga Blora Harus Ngangsu Air



Tawangrejo, Harianblora.com – Meskipun musim hujan, Ngatirah warga Blora harus ngangsu air. Demikian yang dilakukan Ngatirah, warga Tawangrejo, Blora. Ia ngangsu atau mengambil air dari sumur di sawah dekat rumahnya. “Ya sudah biasa saya ngangsu sejak kecil, meskipun sudah musim rendeng, saya tetap ngangsu untuk masak dan diminum,” ujarnya pada Harianblora.com, Minggu (28/12/2014).

Musim rendeng (hujan) bagi warga Blora yang memiliki sumur tidak menjamin air di sumurnya bersih. Biasanya, kata Dia, air dari sawah itu hanya untuk memasak dan minum saja. “Kalau air dari sumur sendiri ya untuk mandi, mencuci pakaian, piring dan kebutuhan lain,” jelas ibu dari satu anak tersebut.

Bermodal sepeda jengkik, gembes, corong dan timba plastik, Ngatirah harus menggayuh sepedanya untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. “Kalau yang punya uang banyak sih tinggal beli air galon, aqua atau air bersih. Tapi kalau minim uang seperti saya ya harus ngangsu,” papar Dia.

Ia mengaku, kegiatan ngangsu pada sore hari itu hanya bisa mengangkut 2 gembes air bersih. “Biasanya saya hanya bisa 3 kali pergi pulang ngangsu. Ini sudah mending karena musim rendeng, kalau musim kemarau bisa 10 kali saya ngangsu air, karena untuk mandi dan kebutuhan masak,” tukasnya.

Tidak hanya Ngatirah, warga lain juga banyak yang ngangsu air untuk kebutuhan masak dan minum. "Rata-rata warga sini ya ngangsu semua, karena banyak yang petani dan susah mendapatkan air bersih," katanya. (Red-HB20/Foto: Harianblora.com).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Meskipun Musim Hujan, Ngatirah Warga Blora Harus Ngangsu Air Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora