Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 26 December 2014

Makanan Khas Blora, Serabi Blora Berbeda dengan Serabi Pati



Blora, Harianblora.com - Makanan khas Blora, Serabi Blora berbeda dengan Serabi Pati. Demikian yang disampaikan Suwitaningrum, warga Tambahrejo, Tunjungan, Blora yang gemar memasak. Ibu dari dua anak ini juga suka dengan kuliner Blora, seperti ungker dan sejenisnya.
Serabi, ada juga yang menyebutkan Surabi, adalah jenis makanan jajan di pasar tradisional.

Makanan ini terkenal di Jawa, juga di Indonesia. Secara umum, serabi dibagi atas rasa, ada yang manis dengan memanfaatkan gula merah atay kinca dan kedua adalah serabi asin yang memanfaatkan oncom yang ditaruh dan ditaburkan di atasnya. Secara umum, serabi disebut makanan ringan yang hampir mirip seperti pancake.

Di Indonesia, sudah terkenal Serabi Solo, Bandung, Serabi Mataram dan Serabi Surabaya. Namun berbeda jika di Jawa Tengah, salah satunya di Blora. Menurut Bu Rum, serabi Blora sangat berbeda dengan serabi Pati. “Jika di Pati, itu lebar dan tipis-tipis, namun serabi di Blora khususnya di sini agak tebal kecil dan ditaburi kelapa yang sudah diparut,” ujarnya kepada Harianblora.com, Jumat (26/12/2014). Harganya pun, menurut Bu Rum hanya 1 ribu perbungkus. Serabi Blora bisa didapat di pasar-pasar tradisional di Blora.

Kalau di Pati, ujarnya, itu menggunakan santan agak manis-manis asin dan memasaknya pun agak gosong sedikit, kalau di Blora cukup menggunakan kelapa. Kemungkinan besar, di daerah Demak, Kudus, Rembang, Semarang juga berbeda cara menyajikannya.

Serabi, menjadi makanan khas Blora yang memanfaatkan parutan kelapa. Tiap daerah di Jawa Tengah memiliki keunikan sendiri. Serabi biasa dibuat dari tepung terigu, dicampur garam, telur ayam, santan, air daun pandan dan minyak sayur. Anda bisa memberi variasi sendiri sesuai selera. (Red-HB12/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Makanan Khas Blora, Serabi Blora Berbeda dengan Serabi Pati Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora