Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 20 December 2014

Waduh, Masyarakat Blora Harus Waspada Bencana!


Salah satu lerenga di Blora yang rawan longsor.HI.dok

Blora, Harianblora.com   Waduh, masyarakat Blora harus waspada bencana! Demikian ekspresi salah satu warga Blora, saat mengetahui pernyataan Irfan Iswandaru Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Blora tak lama ini. Pasalnya, Irfan lewat murianews pada Sabtu (20/12/2014) mengatakan masyarakat Blora yang bertempat di perbukitan diprediksi rawan terjadi longsor. Hal itu menjadi kekhawatiran tersendiri, apalagi tak lama ini kita disuguhkan bencar longsor yang mengerikan di Banjarnegara.

Rina Suwati, warga Japah mengatakan berita tentang bencana di Blora kian santer di media massa. Hal itu menurutnya, efek dari bencana di Banjarnegara. “Kalau menurut Saya, tidak perlu takut terhadap opini public tentang bencana di Blora. Di Japah Saya kira tetap aman, meskipun banyak opini beredar di daerah Todanan, Japah dan sebagainya rawan bencana,” tuturnya kepada Harianblora.com, Sabtu (20/12/2014).

Menurut ibu rumah tangga tersebut, daerah Japah sebenarnya aman. Namun karena kondisi tanah yang kadang tidak kuat ketika hujan, maka rawan longsor. “Dampak buruk penebangan hutan menurut saya menjadi penyebab utama longsor di Blora, khususnya di Japah,” jelas ibu dari satu anak tersebut.

Oleh karena itu, ia berharap Pemerintah Blora mau blusukan ke daerah-daerah yang diklaim sebagai rawan bencana. “Pemerintah seharusnya juga memberi pengertian secara menyeluruh untuk waspada bencana. Jangan bergerak ketika sudah terjadi bencana, yang paling baik ya sebelum bencana sudah ada gerakan nyata dari Pemkab. Yang dilihat dan diperhatikan jangan di kota saja, di pelosok-pelosok seperti Japah juga perlu diperhatikan bahkan diutamakan.” paparnya.

Prediksi dari Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Blora tersebut, Pegunungan Kendeng Utara, mulai dari daerah Todanan, Bogorejo, Japah dan sebagian dari Kota Blora harus waspada. Hal itu didasarkan dengan pengalaman tahun 2014, pasalnya pada bulan Februari 2014 yang lalu sudah terjadi bencana longsor di beberapa daerah di Blora.

Daerah-daerah yang terkena longsor pada bulan Februari 2014 di Blora terdiri atas Todanan dan Japah. Menurut Irfan, di Todanan pada Februari 2014 terjadi tanah longsor, hal itu menyebabkan sebagian rumah para warga rusak parah diakibatkan tanah longsor. Rumah mereka tertimbun tanah longsor tersebut. Irfan juga menyebutkan di daerah Kecamatan Japah juga terjadi tanah longsor pada musim hujan di tahun 2014.

Menurut Kabag Humas tersebut, Bupati Blora Djoko Nugroho sudah mengeluarkan instruksi untuk waspada kepada masyarakat Blora, khususnya yang berada di daerah rawan bencana. ”Bupati telah mengeluarkan instruksi tentang kewaspadaan dini terhadap bencana alam. Pemkab juga telah mendirikan posko bencana di sejumlah kecamatan, sebagai bentuk antisipasi dini,” ujar Kabag Humas dan Protokol Blora tersebut. (Red-HB9/Foto:HI).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Waduh, Masyarakat Blora Harus Waspada Bencana! Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora