Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 6 December 2014

BAB 5 LKTI SMA Tingkat Jawa Tengah



LKTI ini mendapat Juara III LKTI STAIN Kudus Tingkat Jawa Tengah 2014
Oleh Indra Bagus Kurniawan



BAB V
PENUTUP

Simpulan
Berdasarkan pembahasan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa :
Pesokal merupakan akronim dari pelatihan souvenir lokal. Sesuai dengan namanya, maksud dari program ini adalah suatu pelatihan dari pihak-pihak terkait kepada masyarakat, khususnya yang belum memiliki pekerjaan tetap tentang kemampuan guna menciptakan suatu souvenir yang benar benar khas dari daerah tersebut dan mampu mencerminkan identitas daerah tersebut. Contohnya adalah pembuatan souvenir khas Kabupaten Blora berupa seni ukir, kaos, dan batik Blora yang mencerminkan kearifan lokal Kabupaten Blora.
Pelaksanaan Pesokal dapat dilaksanakan menjadi beberapa tahap. Tahap awal adalah wokshop, praktik langsung dalam masyarakat, peminjaman modal, dan tahap pemasaran. Dalam rogram ini yang terpenting adalah adanya bantuan dari pemerintah maupun pihak swasta.

Pesokal akan memberikan dampak yang sangat positif apabila dilaksanakan. Manfaat dari Pesokal ini dapat dirasakan dalam bidang memberantas pengangguran, meningkatkan ekonomi masyarakat, pengembangan wisata daerah, maupun semakin memperkenalkan kearifan lokal daerah.

Saran
Untuk dapat mengimplementasikan program Pesokal yang telah dijelaskan oleh penulis, maka penulis memberikan saran kepada :
Pemerintah

Melakukan sosialisasi mengenai pentingnya program Pesokal yang dapat mengurangi pengangguran dan meninngkatkan perekonomian.
Memberi pembekalan keterampilan bagi masyarakat khususnya pengangguran agar dapat menghasilkan sebuah karya yang dapat diperjual belikan.
Membantu masyarakata dalam hal penyediaan modal dalam pembuatan souvenir.
Melengkapi fasilitas yang belum tersedia serta memfasilitasi para pelaku Pesokal untuk lebih mengembangkan usahanya.

Bagi pihak-pihak swasta yang berkecimpung dalam dunia souvenir maupun usaha yang lainnya diharapkan mau membantu program ini demi lancarnya program Pesokal.
Bagi masyarakat khususnya yang belum memiliki pekerjaan diharapkan mau berusaha untuk memperoleh pekerjaan maupun menciptakan inovasi lain yang dapat meningkatkan perekonomian keluarganya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: BAB 5 LKTI SMA Tingkat Jawa Tengah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora