Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 18 December 2014

Pegawai Negeri Sipil Wajib Disiplin



Blora, Harianblora.com - Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib disiplin. Mereka wajib menegakkan kedisiplinan kerja. PNS adalah abdi negara, pelayan masyarakat yang harus memberi contoh baik kepada publik. Namun bagaimana jika mereka khianat dan tidak melanggar aturan? Tentu memalukan. Demikian sepenggal paparan dari Dian Marta Wijayanti, pemerhati kepegawaian di Jawa Tengah, kepada Harianblora.com tak lama ini.

Sejak Januari sampai Oktober 2014, katanya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memecat 25 PNS. Pelanggaran disiplin yang dilakukan PNS tersebut adalah kasus pidana, menikah lagi tanpa izin istri, bolos kerja lebih dari 45 hari. “Pemberhentian secara tidak hormat (dipecat) merupakan contoh buruk dan tidak boleh ditiru pegawai lain terutama guru,” ujar PNS Kota Semarang tersebut.

Disiplin, lanjutnya, merupakan kata sederhana yang tidak mudah dilaksanakan secara utuh. “Disiplin tidak hanya berupa disiplin waktu saja, melainkan juga disiplin pada tugas pokok yang telah menjadi kewajiban. Berani menjadi PNS berarti mengemban amanah rakyat. Sebagai pelayan masyarakat, sangat tidak patut jika aparatur negara tidak mengindahkan kebijakan pemerintah,” ujar Asesor USAID Prioritas Jawa Tengah itu.

Menurut Dian, setiap perekrutan CPNS dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan angka. Hal tersebut menandakan banyak orang yang ingin menjadi PNS apa pun alasannya. “Artinya, sungguh memalukan jika mereka yang telah beruntung mendapatkan kesempatan, tetapi tidak melaksanakan tugas dengan baik,” jelas lulusan SMA Negeri 1 Blora itu. Semua PNS, menurut Dian, terutama guru harus memberikan contoh kedisiplinan terhadap siswa, guru yang lain dan masyarakat. "Itu menjadi simbol percontohan bahwa guru harus digugu dan ditiru," ujarnya. (Red-HB9/Foto:DMW).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pegawai Negeri Sipil Wajib Disiplin Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora