Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 18 December 2014

Pojok ASI untuk Ibu Menyusui



Oleh Dian Marta Wijayanti SPd
Alumni SMA Negeri 1 Blora, Ibu Rumah Tangga, Kini Tinggal di Semarang

Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 tentang ASI eksklusif telah menjamin pemenuhan hak bayi untuk mendapatkan nutrisi terbaik sampai berusia 6 bulan. Selain itu, kebijakan tersebut juga mendukung hak ibu dalam memberikan pelayanan eksklusif kepada anak.

Kewajiban ibu untuk memberikan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan harus mendapatkan dukungan bagi segenap pihak. Baik itu dari suami, rekan kerja, masyarakat, maupun pemerintah. Oleh karena itu, perlu adanya ruang khusus bagi ibu menyusui di berbagai tempat umum seperti terminal, stasiun, pusat perbelanjaan, hotel, dan lainnya. Hal ini dikarenakan “menyusui” bukan sekadar memberikan ASI kepada bayi, melainkan juga dibutuhkan ketenangan pikiran sang ibu ketika proses tersebut.

Banyaknya perempuan Indonesia yang bekerja tentu menjadi pertimbangan khusus akan pentingnya Pojok ASI. Lama masa cuti rata-rata adalah 1 bulan sebelum dan 2 bulan sesudah melahirkan. Masa tersebut “sangat kurang” jika dibandingkan dengan lama wajib ibu memberikan ASI eksklusif bagi bayi. Secara tidak langsung hal ini “membatasi” peran ibu dalam melaksanakan kewajibannya. Sehingga bagi ibu yang memiliki tugas “bekerja” selain sebagai istri dan ibu tentu merasa kewalahan untuk menyeimbangkan tugasnya di rumah dan di tempat kerja. 

Pikiran Tenang
Untuk mendapatkan ASI berkualitas, ibu harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah nutrisi makanan dan ketenangan pikiran. “Menyusui” berarti memberikan nutrisi terbaik bagi kesehatan sang bayi. Jika nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu kurang baik, tentu akan berpengaruh besar pada kualitas ASI. 

Namun, yang paling utama dan jarang diberhatikan ibu saat ini adalah masalah ketenangan pikiran. Banyak ibu telah memperhatikan bentuk makanan yang dikonsumsi hingga didukung dengan berbagai susu formula khusus ibu menyusui. Tapi, ibu itu tidak tenang pikirannya baik karena masalah pribadi atau masalah pekerjaan yang menjadi tanggungannya. Kondisi ini juga akan mempengaruhi kualitas ASI.

Untuk mendapatkan ketenangan tersebut ibu tidak dapat bekerja sendiri. Ibu harus bekerja sama dengan ayah bayi agar beban pikiran ibu tidak ditanggung sendiri. Kekhawatiran ibu harus diminimalkan. Salah satunya adalah memberi kesempatan ibu untuk tetap menyusui di tempat kerja maupun di tempat umum dengan memanfaatkan fasilitas Pojok ASI.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pojok ASI untuk Ibu Menyusui Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora