Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 18 December 2014

SMK Muhammadiyah 1 Blora Borong Juara Lomba Kreasi dan Inovasi 2014



Blora, Harianblora.com - Maju mundurnya suatu peradaban bergantung pula pada riset-riset yang  di kembangkan. Riset terapan ini berarti penting dalam memenuhi  kebutuhan kehidupan. Merespon isu ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Blora melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengadakan even tahunan, Lomba Kreasi dan Inovasi  (Kreanova) yang bertema “Kreativitas Inovasi Menuju Masyarakat Mandiri”.  Lomba ini melibatkan  berbagai peserta dari kalangan siswa, mahasiswa, maupun umum. Para peserta ada yang berkompetisi atas nama perseorangan, maupun bersama tim yang terdiri atas dua hingga tiga orang.

Setelah melalui proses penjaringan yang begitu ketat, Kamis 18 Desember 2014, bertempat di gedung Bappeda Blora,  diumumkanlah  karya-karya terbaik yang  telah di ciptakan para peserta. Juara 1 Kreanova 2014,  diraih oleh Wendi Supriyanto dan Siska Budi Utomo (SMK Muhammadiyah  1 Blora) dalam karya “Aplikasi Magic Trap Untuk Pertanian”,  peserta ini mengambil setting lokasi di lahan Pertanian Desa Manggir, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. 

Juara II diraih oleh Damiyanto (umum), peserta ini  berinovasi dengan limbah  kayu di Desa Tempellemahbang yang diolah menjadi hiasan garuda.  Juara III  even ini  juga diraih pelajar SMK Muhammadiyah  1 Blora atas nama Kurnia Sandi dan Edi Sulistyo, peserta ini berkreasi dengan limbah gedabug (gelam, daun jati kering dan serbuk gergaji) yang diolah menjadi energi pengganti LPG.

Siswa SMA N 1 Blora atas nama  Megandini, David Adi dan Dwi Hendriyanto yang berkreasi dengan Yogurt Jagung, berhasil meraih Juara Harapan 1.  Ada pun Juara Harapan II dan Harapan III juga diraih para pelajar SMK Muhammadiyah 1 Blora.  Bagus Setiawan bersama  Nur Indah Sari dalam karya “Tablet Ekstrata Sebagai Bio Insektisida” meraih Juara Harapan II dan Rivana bersama Ery Pudjiastuti dalam karya “Edible Paking dari Cyclea Berbata Miers” meraih juara Harapan III. 

Juara Harapan IV dalam  karya pengolahan kain Perca diraih oleh PKBM Krisna Todanan, atas nama Elisa Krisnawati. Juara Harapan V  diraih oleh Mahasiswi STTR Cepu, Eva Herna Cahyani dalam karya “Pengolahan Kerajinan Manik-Manik dari Plastik Bekas”, dan Juara Harapan VI diraih oleh Unggul Harry Kurniawan, peserta umum yang menghasilkan karya”Pemanfaatan Limbah Komponen Otomotif Sebagai Reaktor Multifungsi”.

Kriteria penjurian dalam kompetisi ini diantaranya adalah orisinalitas dan manfaat berkalnjutan atas karya yang dihasilkan. Dari hasil penyelenggaraan Kreanova 2014 ini, SMK Muhammadiyah 1 Blora mendominasi juara, 4 posisi di 6 besar berhasil diraih oleh sekolah yang pada Tahun 2013 yang lalu juga  berhasil meraih juara 2 business plan antar SMA/SMK sederajat se Pulau Jawa, sekaligus 10 besar  karya terbaik Kreanova Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012.

Prestasi SMK Muhammadiyah 1 Blora ini melengkapi berbagai penghargaan yang telah diraihnya di tahun 2014,  sebelumnya sekolah ini ditetapkan sebagai Bengkel Daihatsu di sekolah pertama di Indonesia dan Juara I Lomba Parade Budaya Hari Jadi Blora ke-265. 

Rini Setyawati, Ketua Panitia kegiatan menuturkan, Kreanova merupakan ajang apresiasi karya yang diharapkan  dapat menciptakan dan merekayasa produk-produk yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Pemda Blora, Bondan Sukarno, mengapresiasi positif atas diselenggarakannya ajang Kreanova. Menurutnya even ini sebagai  ruang unjuk prestasi bagi  generasi muda Blora, juga sebagai arena pembuktian bagi sekolah dalam  menampilkan karya-karya anak didiknya.

Plt. Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Blora ini juga memuji keberhasilan SMK Muhammadiyah 1 Blora yang terus mengumpulkan pundi-pundi prestasi, sembari berharap agar tahun-tahun mendatang semakin banyak sekolah dan perguruan tinggi di Blora yang turut berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini. Para pemenang Kreanova ini mendapatkan Tropy, piagam penghargaan serta uang Pembinaan, sedangkan juara pertama akan di kirim ke ajang serupa di tingkat provinsi. (Red-HB-DS/Foto:Kreanova).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: SMK Muhammadiyah 1 Blora Borong Juara Lomba Kreasi dan Inovasi 2014 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora