Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 15 December 2014

Anda Harus Tahu Ali Moertopo Mantan Menteri Penerangan Indonesia Kelahiran Blora



Jika Anda orang Blora, Anda harus tahu Ali Moertopo Mantan Menteri Penerangan Indonesia kelahiran Blora.  Ya, pemilik nama lengkap Letnan Jenderal (Purn.) Ali Moertopo ini lahir di Blora pada 23 September 1924. Ia meninggal pada 15 Mei 1984. Namanya juga akrab disapa Ali Murtopo. Pola pikirnya yang bernas, ia dijuluki pemikir, juga politikus dan tokoh intelijen Indonesia.

Di Indonesia, Ali Mutopo sangat berperan dalam pergerakan pada masa Orde Baru. Jabatannya yang cemerlang adalah sebagai Menteri Penerangan Indonesia pada tahun 1978-1983. Ia juga pernah menjadi Deputi Kepala pada tahun 1969-1974 serta Wakil Kepala pada tahun 1974-1978 Badan Koordinasi Intelijen Negara (BKIN) Indonesia. Pada tahun 1945, Ali Murtopo ikut BKR setelah kemerdekaan RI diproklamasikan. Kemudian, pada 1950 an, Ali juga ditugaskan di Kodam Diponegoro.

Ali juga merupakan pasukan Banteng Raider di bawah komando Ahmad Yani. Banteng Raider ini merupakan pasukan yang ditugaskan khusus untuk membasmi pemberontakan Darul Islam di Indonesia. Jenderal kelahiran Blora ini juga medukung Soeharto untuk menjadi Pangdam Diponegoro bersama Yoga Soegomo. Akhirnya, Soeharto berhasil menjadi kolonel di Pangdam Diponegoro. Atas jasanya itu, Ali Murtopo ditunjuk Soeharto menjadi Asisten Teritorial.

Ali Murtopo juga pernah menjadi Kepala Staf Resimen II dengan Yoga Sugama sebagai Komandan Resimennya pada tahun 1959. Saat itu, Indonesia menghadapi gerakan koreksi daerah melalui PRRI, maka tak heran jika Ali dikirim ke Sumatera untuk menuntaskan hal itu.

Peran Masa Orde Baru
Jenderal asal Blora ini memiliki jasa besar terhadap bangsa, terutama saat masa Orde Baru. Ia sangat berperan dan telah melakukan modernisasi intelejen Indonesia. Hebatnya lagi, Ali juga pernah ikut dan terlibat dalam operasi intelejen yang bergabung dalam Operasi Khusus (Opsus). Peran Opsus salah satunya memberangus lawan politik pemerintahan Soeharto saat itu. 

Mantan Menteri Penerangan Indonesia ini juga pernah menggagas peleburan parpol pada tahun 1973. Tujuannya agar mudah dikendalikan, karena saat itu parpol sangat banyak sekali jumlahnya. Maka dari gagasannya itu, berdirilah Partai Golkar, PPP yang terdiri dari gabungan partai-partai berbasis Islam dan juga PDI yang terdiri dari partai-partai nasionalis.

Ali Murtopo sangat cocok dijadikan inspirasi bagi kalangan militer, politisi juga masyarakat Blora pada umumnya. Ali juga pernah menggagas Centre for Strategic and International Studies (CSIS) bersama asisten pribadi Soeharto, yaitu Soedjono Hoemardhan. Atas kecerdasan dan keuletannya, Ali Murtopo juga merintis pendirian lembaga penelitian kebijakan pemerintah. Hebatnya lagi, Ali menerbitkan tulisan tentang Dasar-dasar Pemikiran tentang Akselerasi Modernisasi Pembangunan 25 Tahun yang selanjutnya diterima MPR sebagai strategi pembangunan jangka panjang (PJP) pada tahun 1972.

Ali Murtopo meninggal pada 15 Mei 1984. Ia mengharumkan nama Blora di kancah nasional bahkan internasional. Dengan fokus di bidang militer dan politik, nama Ali Murtopo tetap harum dan sangat menginspirasi bagi masyarakat Blora, Jawa Tengah dan Indonesia. (Laporan Khusus Harianblora.com. Foto: AM).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Anda Harus Tahu Ali Moertopo Mantan Menteri Penerangan Indonesia Kelahiran Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora