Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 20 December 2014

Makanan Khas Blora, Bakso Belalang Blora Kaya Protein



Oleh Dian Marta Wijayanti
Penulis adalah Alumni SMA Negeri 1 Blora, kini tinggal di Semarang

Siapa bilang belalang tidak enak dan tidak ada manfaatnya? Ya, bakso belalang Blora kaya protein. Mendengar kata serangga terkadang membuat seseorang merasa geli dan takut untuk melihatnya. Serangga memiliki kesan yang jorok dan kotor dimata banyak orang. Namun apa jadinya jika serangga dijadikan kuliner suatu masyarakat? Pasti banyak yang tidak percaya. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya serangga jenis belalang yang dapat ditemukan di kawasan kabupaten Blora Jawa Tengah.

Sebagai kabupaten yang terletak diperbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, Blora memiliki merupakan penghasil belalang yang cukup besar terutama pada musim penghujan. Masyarakat pedesaan yang memiliki sawah seringkali mencari belalang di malam hari untuk menjadi santapan lezat kaya protein yang murah dan terjangkau. Mereka hanya memerlukan sedikit cabai, bawang merah, bawang putih dan garam untuk mempersedap makanan ini. Belalang goreng dapat dimakan sebagai camilan maupun sebagai lauk makan. Rasanya yang mantap dan diwarnai suara kriuk belalang menambah kelezatan dari belalang goreng. 

Keberadaan belalang goreng yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Blora memberikan pemikiran tersendiri untuk mempercantik tampilan belalang dalam kuliner yang berbeda. Salah satu bentuk dari inovasi tersebut adalah bakso belalang. Bakso yang selama ini kita ketahui berbahan dasar daging sapi atau ayam dapat dimodifikasi dengan memberikan sentuhan belalalang di dalamnya. Bakso belalang dibuat dengan mencampurkan daging sapi dan belalang. Penjual bakso belalang juga dapat menambahkan potongan belalang sebagai kriuk khas bakso belalang.

Sasaran dari bakso belalang adalah segala usia dan status sosial. Bagi yang kurang menyukai kerasnya belalang. Penjual tidak perlu memberikan potongan belalang pada mangkok bakso. Sedangkan bagi yang menyukai kerasnya belalang, penjual dapat menambahkan potongan belalang lebih banyak dari porsi standar.
Agar bakso belalang dapat menjangkau seluruh bagian masyarakat, penjual tidak perlu memasang harga tinggi. Cukup dengan harga 5000-7000 bakso belalang sudah bisa dinikmati. Hal ini akan memudahkan upaya memasyarakatkan bakso belalang di kalangan masyarakat khususnya Blora dan sekitarnya.


Baca juga: Dulu Terminal, Blok T Blora Sekarang Jadi Pusat Jajanan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Makanan Khas Blora, Bakso Belalang Blora Kaya Protein Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora