Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 6 December 2014

Contoh Bab 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

BAB I
PENDAHULUAN
Oleh Indra Bagus Kurniawan
Siswa SMA Negeri 1 Blora
LKTI ini dikirim dalam LKTI STAIN Kudus 2014 dan mendapat Juara III

Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu Negara di dunia yang memiliki luas sekitar 1.990.250 km2. Dengan wilayah yang begitu luas, tidak heran bila Negara Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010, penduduk Indonesia sebanyak 237,56 juta jiwa.[1] Saat ini Indonesia berada di peringkat ke 4 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di bawah China, India, dan Amerika Serikat.. Pemerintah memprediksikan jumlah penduduk Indonesia di 2035 bakal naik, dari saat ini 237,56 juta jiwa, menjadi 305,6 juta jiwa atau meningkat 28,6%.[2]

Dengan banyaknya penduduk tentu saja bukanlah sebuah prestasi yang patut dibanggakan, tetapi justru sebuah musibah apabila pemerintah tidak dapat memberdayakan begitu banyak penduduk tersebut. Karena, semakin banyak penduduk akan semakin banyak problematika yang nantinya dihadapi oleh bangsa ini.

Dampak negatif dari semakin pesatnya pertumbuhan penduduk yang paling terlihat adalah semakin meningkatnya jumlah pengangguran. Semakin banyak penduduk tentu saja semakin banyak pula yang membutuhkan pekerjaan, sedangkan jumlah lapangan pekerjaan jumlahnya terbatas dan tidak seimbang dengan semakin pesatnya pertumbuhan penduduk yang membutuhkan pekerjaan. Bahkan BPS mencatat jumlah pengangguran yang ada sekitar 5,7% dari jumlah penduduk Indonesia saat ini. Tentu saja jumlah yang tidak sedikit apabila kita melihat jumlah penduduk di Indonesia saat ini.

Kenyatan seperti ini tidak boleh terus menerus dibiarkan begitu saja, sehingga perlu ada suatu solusi untuk mencegah semakin meningkatnya jumlah pengangguran. Salah satu upaya yang saat ini sedang ramai dicanangkan oleh pemerintah adalah industri padat karya.
Dengan mengingat begitu kayanya potensi lokal yang dimiliki setiap daerah khususnya Kabupaten Blora, kita dapat membuat suatu usaha yang dapat menyerap cukup banyak pekerja sehingga dapat memperbaiki tingkat perekonomian masyarakat Kabupaten Blora sekaligus untuk dapat menciptakan suatu barang yang dapat memajukan destinasi wisata kebudayaan daerah Kabupaten Blora. Yaitu dengan program Pesokal (pelatihan souvenir lokal) yang dapat menciptakan buah tangan khas daerah Kabupaten Blora sekaligus menyerap banyak tenaga kerja masyarakat lokal.

Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang di atas maka muncul rumusan masalah sebagai berikut :
Apakah Pengertian Pesokal?
Bagaimanakah Cara Mengimplementasikan Pesokal dalam Masyarakat?
Bagaimanakah Manfaat Pesokal?

Tujuan 
Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah :
Menjelaskan Pengertian Pesokal.
Menjelaskan cara mengimplementasikan Pesokal dalam masyarakat.
Menjelaskan manfaat Pesokal.

Manfaat
Manfaat penulisan ini antara lain :
Bagi Penulis
Karya tulis ilmiah ini bermanfaat bagi penulis sebagai tolak ukur pemahaman mengenai permasalahan sosial dalam masyarakat dan solusi untuk mengatasinya.
Bagi Masyarakat Umum
Penulisan karya tulis ilmiah ini dapat digunakan sebagai pembangkit semangat guna menciptakan inovasi guna memberantas berbagai permasalahan sosial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat
Bagi Pemerintah
Karya tulis ilmiah ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat kebijakan mengenai pelatihan sumber daya manusia agar masyarakat memiliki keahlian guna menekan angka pengangguran.



[1]Jumlah Penduduk Indonesia Tahun Ini Capai 237,56 Juta Orang” dalam http://www.infobanknews.com/2010/10/bps-jumlah-penduduk-indonesia-tahun-ini-capai-23756-juta-orang/ diakses  pada tanggal 6 September 2014, pukul 08.35 WIB.
[2]“Jumlah Penduduk RI Capai 3056 Juta Jiwa Di 2035 Ada Untungnya Nggak” dalam  finance.detik.com/read/2014/02/07/163925/2490598/4/jumlah-penduduk-ri-capai-3056-juta-jiwa-di-2035-ada-untungnya-nggak diakses pada tanggal 24 Mei 2014, pukul 19.12 WIB.

Baca juga: Esai Tentang Samin Blora.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Bab 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora