Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 18 December 2014

Harga Cabai di Blora Hampir Mencekik Leher



Blora, Harianblora.comHarga cabai di Blora mencekik leher. Demikian yang disampaikan salah satu penjual nasi penyet di pasar Blora Kota pada Rabu (17/12/2014). Menurutnya, harga cabai jika yang beli pedagang hanya 90 ribu perkilonya. “Namun jika yang beli masyarakat biasa untuk konsumsi pribadi bisa mencapai 95 ribu perkilonya,” papar Sukardi salah satu penjual nasi penyet di Blora.

Saya itu pedagang kecil, katanya, biasanya kalau beli cabai perhari bisa 2 kg, tapi sejak seminggu terakhir ini, saya hanya membeli ½ kg saja untuk sambal ayam penyet yang saya buat. Kenaikan harga cabai tersebut tentu membuat pedagang kecil seperti Sukardi harus pandai-pandai mengatur pengeluaran dan pemasukan. “Dulu saya bisa untung 200 sampai 250 ribu perhari. Sejak harga cabai naik, ditambah BBM juga naik, maka semua harga seperti tepung dan minyak goreng juga naik. Pokoknya harga cabai di Blora kini mencekik leher pedagang kecil seperti saya ini,” ujarnya pada Harianblora.com.

Menurut informasi yang digali Harianblora.com, kenaikan harga cabai ada beberapa faktor. Salah satu faktonya adalah karena kurangnya pasokan cabai di Blora. Padahal permintaan sangat banyak, baik di pasar maupun di luar pasar. Naiknya cabai itu terutama cabai setan atau yang warna merah yang masih kecil. Mahalnya harga cabai juga dipicu karena stok minim dan kurang, apalagi di pasar induk Blora sangat jarang yang menjual cabai itu.

Menurut beberapa pedagang, stok pasokan cabai di Blora berasal dari berbagai daerah. Salah satunya dari Jatirogo Kabupaten Tuban, beberapa daerah dari Jawa Timur yang dikirim ke Cepu hingga sampai Blora Kota dan sebagainya. Tak hanya cabai jenis setan, cabai lain yang merah besar juga ikut naik, kini harga di Blora sekitar 60 ribu perkilo padahal sebelumnya 50 ribu. Sedangkan untuk cabai hijau kecil seharga 35 ribu perkilo. (Red-HB6/Foto:Hasyim).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Harga Cabai di Blora Hampir Mencekik Leher Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora