Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 9 December 2014

Kabupaten Blora Kekurangan 1877 Guru SD



Blora, Harianblora.comKabupaten Blora Kekurangan 1877 Guru SD. Hal itu disampaikan Achmad Wardoyo Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Blora. Menurutnya, saat ini Blora sangat membutuhkan banyak guru SD, namun kekurangan belum bisa terpenuhi karena beban APBD Blora sudah banyak.

Menurut Disdikpora Blora, jumlah APBD 50 persen lebih diperuntukkan belanja pegawai. Wardoyo mengatakan kekurangan guru SD di Blora sejumlah 1.877 guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jumlah tersebut dengan rinican 1.286 guru kelas, 205 guru agama dan 383 guru olahraga.

Menurut Kepala Disdikpora Blora, jika kebutuhan guru SD saat ini tidak terpenuhi, dan jika dibiarkan berlarut-larut akam berdampak buruk pada dunia pendidikan. Hal itu tentu menjadi ancaman Blora sebagai kabupaten yang penuh budaya dan potensi lain.

Selain kekurangan guru berstatus PNS SD, Kepala Disdikpora Blora juga mengatakan masih ada problem lain selain masalah kekurangan guru. “Banyak sekolah-sekolah pelosok yang jumlah murid per kelasnya kurang dari 15 siswa,” paparnya. Selain itu, rasio guru dibanding murid 1:20 di semua sekolah di Blora. Di sisi lain, banyak guru yang akan pensiun dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Sumardjan, SPd, MPd, Sekretaris PGRI Cabang Tunjungan Blora mengatakan kekurangan tersebut harus menjadi motivasi Disdikpora untuk merekrut guru SD sebanyaknya. “Setidaknya pemerintah harus merekrut guru SD dengan menambah jatah formasi seleksi CPNS jalur umum,” ungkap guru SDN 1 Tambahrejo tersebut. 

Pemerintah, katanya, perlu menambah jumlah guru SD lewat seleksi CPNS jalur umum. “Tanpa adanya hal itu, kekurangan guru pasti bertambah banyak,” tutur Kepala SDN 1 Tambahrejo itu. (HB4/Foto: Harianblora.com).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kabupaten Blora Kekurangan 1877 Guru SD Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora