Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 8 December 2014

Pairah, PNS Tukang Sapu Blora yang Menginspirasi


 

Blora, Harianblora.com – Meskipun terlihat sederhana, remeh, mudah, bahkan hina, namun sebenarnya menjadi tukang sapu merupakan pekerjaan sangat mulia. Mengapa? Karena tiap hari harus menyapu, membersihkan kotoran dan sampah-sampah yang berserakan. Demikian gambaran Pairah, PNS tukang sapu Blora yang menginspirasi. Meskipun tukang sapu, namun sosok Pairah sangat menginspirasi bagi masyarakat Blora.
Pairah, nama Jawa, ndeso dan pendek. Ya, nama yang pendek, namun tak menjadikan semangat Pairah menjadi pendek. Pairah merupakan salah satu pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Blora yang rajin, disiplin dan gigih dalam menjalankan tugasnya.

Menurut data yang dihimpun Harianblora.com, Pairah adalah salah satu warga Blora yang tepatnya berasal dari Desa Ngampon, Kec. Jepon, Blora. Ia merupakan PNS yang sudah lama mengabdi, sekitar belasan tahun yang berbekal ijazah SD.

Uniknya, ia kerap menggendong anaknya ketika menyapu halaman di kitar jalan Sumodarsono dan Reksodiputro Blora. Pairah merupakan salah satu petugas kebersihan di bawah naungan Dinas Pekerjaan Umum Blora.

Menurut Pairah, ia sejak jam 6 pagi bersama teman-temannya sudah menyapu jalan dan sering menggedong anaknya, karena tidak mau ditinggal. Nasib Pairah, kian lama makin membaik. Pasalnya, dulu ia harus naik sepeda ontel tiap pergi dan pulang ketika menjalankan tugasnya. Namun kini ia sudah memiliki sepeda motor meskipun tidak terlalu bagus.

Zaman dulu, katanya, jika berangkat naik sepeda ontel setiap pagi kadang juga sore hari sesuai petunjuk dan arahan pimpinan, tapi alhamdullilah sekarang sudah bisa beli sepeda motor, bisa ikut membantu meringankan beban suami, tetapi saya lebih suka naik sepeda ontel.

Ketekunan, ulet dan kesabaran adalah modal utama Pairah. Maka sejak tahun 2009, ia diangkat pemerintah Blora menjadi PNS dan mendapatkan SK. Berkat hal itu, ia bisa menyekolahkan anaknya dan bisa meringankan beban ekonomi keluarga. “Saya bersyukur, dulu tidak pernah mimpi bisa menjadi PNS. Tujuan saya mencari nafkah untuk membantu suami,” paparnya.

Menjadi tukang sapu sangat susah. Banyak suka-duka dialami Pairah. Apalagi ia harus berurusan dengan kotoran, debu jalanan dan sampah. Maka tiap kali ia bekerja, Pairah sering menggunakan masker agar terhindar dari debu jalanan. 

Kita tentu berharap, perhatian pemerintah Blora terhadap mereka yang kurang diperhatikan. Semoga sosok Pairah menginspirasi kita. Berkat ketabahan, keuletan dan kesabarannya, ia menjadi PNS yang mengabdi pada Blora. (HB5/Foto: Pemkablora).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pairah, PNS Tukang Sapu Blora yang Menginspirasi Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora