Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 16 December 2014

Taman Sekolah di Blora Harus Diperhatikan



Blora, Harianblora.com – Taman Sekolah di Blora Harus Diperhatikan. Selama ini banyak taman yang dibangun oleh pemerintah di pusat kota, seperti di Alun-alun Blora, tapi tidak terawat dengan baik. Puluhan bahkan ratusan juta anggaran negara dialokasikan untuk membuat taman kota. Namun setelah taman itu terbentuk, perawatan tidak dilakukan dengan baik. Lalu bagaimana di Blora Jawa Tengah?

“Sungguh ironis, jika melihat taman kota yang tidak berfungsi dengan semestinya. Taman yang difungsikan sebagai jantung hijau kota memang mulai beralih fungsi. Dari yang sebelumnya sebagai tempat rekreasi keluarga berubah menjadi tempat memadu kasih. Taman yang didesain dengan pepohonan hias beralih fungsi menjadi tempat berlindung anak-anak jalanan,” tutur Ahmad Fauzin, Ketua Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Cabang Blora, Jawa Tengah.

Menurut pemuda kelahiran Blora tersebut, saat ini taman-taman di Blora tak diperhatikan. “Bahkan banyak yang menjadikan taman justru sebagai area untuk membuang sampah. Yang sering terjadi sekarang ini, taman sebagai tempat foto. Sepertinya jiwa narsis pemuda Indonesia memang tidak dapat pungkiri. Di manapun tempatnya, ketika ada sedikit keindahan maka aktivitas mengambil foto tidak ditinggalkan,” ujar lulusan UIN Walisongo Semarang tersebut pada Selasa (16/12/2014).

Menurut Fauzin, taman sekolah adalah miniatur taman kota. “Maka, semua taman baik di SD sampai SMA di Blora harus bersih. Wong penghuninya juga berpendidikan, masak tidak bersih kan memalukan,” ujar pemuda berkacamata itu.

Fauzin juga menuturkan, saat ini perlu membentuk pemuda yang mencintai taman sangat diperlukan. Karena bagaimana pun, pemuda adalah subjek terbesar pengisi kegiatan di taman-taman kota. “Pembentukan gerakan mencintai taman kota dapat dimulai dari kegiatan mencintai taman sekolah. Gerakan ini dapat dimulai bahkan sejak anak masih usia TK atau PAUD di Blora,” ujar Dia kepada Harianblora.com

Mencintai taman sekolah, kata Fauzin, adalah kewajiban setiap siswa. “Tidak hanya mencintai, tapi siswa diajarkan bertanggung jawab merawat dan melestarikan ekosistem yang ada di sekolah tersebut,” paparnya.
Dalam hal ini siswa, menurut Fauzin, dapat diajak menanam pohon dan bunga sesuai yang mereka sukai. Setiap siswa diwajibkan menanam satu pohon atau bunga untuk dirawat di pekarangan sekolah. 

“Blora kan produksi kayu jati, hal itu bisa dimanfaatkan sebagai jantung dan nafas kehidupan. Hal itu tentu dimulai dari hal paling kecil, yaitu menghidupkan taman sekolah yang bagus, rapi, hijau dan asri,” katanya. (Red-HB8/Foto: SS)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Taman Sekolah di Blora Harus Diperhatikan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora