Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 18 December 2014

SMA Negeri 1 Blora Studi Lapangan ke Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid Jogjakarta



Jogjakarta, Harianblora.com – SMA Negeri 1 Blora adakan Studi Lapangan ke Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) Kincir Angin dan Panel Surya di Pantai Baru, Srandakan, Bantul, DIY. Acara ini diikuti sebanyak 97 siswa, yakni dari jurusan bahasa, IPS, dan IPA dengan sebanyak 6 guru pendamping. Rombongan Studi Lapangan ini berangkat pada tanggal 16 Desember 2014 pada pukul 01.00 Wib dan tiba di lokasi pada pukul 08.00 Wib.

Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Blora, Indra, mengungkapkan tidak sembarangan siswa yang dipilih untuk mengikuti acara ini. “Hanya siswa yang masuk peringkat 9 besar yang dipilih untuk mengikuti acara studi lapangan gratis ini,” ujarnya.

Sementara itu, Taufan salah seorang guru pendamping mengungkapkan acara tersebut sekaligus memberikan hadiah kepada siswa yang telah mendapatkan peringkat 9 besar di kelas ketika ulangan tengah semester kemarin. “Acara ini juga dapat memotivasi siswa lain agar dapat meningkatkan prestasinya di kelas,” katanya.
Salah satu kegiatan siswa.
Dalam acara ini, seluruh siswa mempelajari pembangkit listrik dengan media kincir angin dan tenaga surya. Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari cara membuat kincir angin di pabrik langsung. Tidak hanya membuat, para siswa berprestasi ini juga mendapat penjelasan mengenai metode menghasilkan listrik yang didistribusikan ke rumah-rumah warga sekitar. Mereka juga mempelajari tentang biogas yang dijadikan sebagau bahan bakar di kompor.

Setelah acara Studi Lapangan ini, para siswa harus membuat laporan pertanggungjawaban mengenai semua hal yang mereka pelajari dalam acara studi lapangan, sehingga para siswa dapat membuktikan bahwa mereka tidak hanya sekedar jalan-jalan gratis, tetapi juga mendapatan ilmu bermanfaat yang dapat mereka ceritakan ke teman-teman di sekolahnya. “Acara ini sangat menyenangkan dan bermanfaat, saya ingin sekali ada acara seperti ini lagi. Pelayanan yang diberikan juga sangat memuaskan” ujar Bagas, salah seorang siswa yang mengikuti acara studi banding. (Red-HB-IBK/Foto:Harianblora.com).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Studi Tenaga Surya, menurut saya tenaga surya merupakan studi yang sangat
    menarik juga banyak hal yang bisa dipelajari di Tenaga Surya

    ReplyDelete

Item Reviewed: SMA Negeri 1 Blora Studi Lapangan ke Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid Jogjakarta Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora